Header Ads

Kebakaran Tanah Tinggi, Dinsos DKI Salurkan Bantuan


BantenPost.Com | Kebakaran hebat yang melanda permukiman warga Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Selasa (26/6/2018) siang ditanggapi cepat Dinas Sosial DKI Jakarta. Sejumlah bantuan sekaligus posko bencana dibangun untuk mengakomodir kebutuhan warga.

Bantuan tersebut dipaparkan Kasudin Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati terpusat pada posko bencana yang berada di Masjid Kami An Nur, yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Sebanyak 50 personil Taruna Tanggap Bencana (Tagana) pun diterjunkan untuk membantu warga.

"Personil Tagana dikerahkan untuk pendampingan, mendirikan tenda pengungsi dan pendirian dapur umum. Makanan siap saji disiapkan untuk lima hari ke depan, sedangkan untuk makan malam disiapkan sebanyak 600 box," ungkapnya ditemui di Posko Bencana pada Selasa (26/6/2018) malam.

Bantuan sosial sementara disebutkannya meliputi beras sebanyak 150 kilogram, mie instan sebanyak 15 karton dan lauk pauk sebanyak 144 paket. Selain itu, kebutuhan lainnya turut disalurkan, seperti selimut sebanyak 100 lembar, terpal sebanyak 55 lembar, kebutuhan anak sebanyak 32 Paket dan kebutuhan lansia sebanyak 18 Paket.

"Kebutuhan anak meliputi susu, popok dan lainnya, kami juga salurkan 93 paket sandang, 22 karton celana dalam dan seragam sekolah, antara lain SD 186 stel, SMP 25 Stel dan SMA 25 stel. Kebutuhan ini bersifat sementara dan dapat diperpanjang sesuai permintaan," tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, permukiman warga Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat dilalap si jago merah pada Selasa (26/6/2018) siang. Berdasarkan data Dinas Sosial DKI Jakarta, tercatat ada sebanyak 113 unit rumah di wilayah Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Kebakaran meliputi wilayah RT 11/01 sebanyak lima unit rumah yang dihuni sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK), RT 01/02 sebanyak 14 unit rumah yang dihuni sebanyak 14 KK, RT 02/02 sebanyak 30 unit rumah yang dihuni sebanyak 58 KK dan RT 03/02 sebanyak enam unit rumah yang dihuni sebanyak 10 KK.

Kebakaran yang berlangsung selama dua jam lebih, tepatnya mulai dari sekira pukul 13.35 WIB hingga pukul 15.15 WIB itu melukai sejumlah warga, antara lain Yuda (25) serta sejumlah ibu warga setempat yang mengalami sesak napas.

Selain itu, korban luka bakar dilaporkan dialami Agus Mualim (40) anggota Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat serta sejumlah petugas PPSU Kelurahan Tanah Tinggi. Seluruhnya telah dirujuk ke RSUD Johar Baru.(R)

No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.