Header Ads

Sabtu Depan, DPS Kabupaten Lebak Mulai Didistribusikan


BantenPost.Com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak menetapkan 938.627 Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, pada rapat pleno terbuka di gedung PGRI Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, Jumat (16/3/18).

Sebanyak 28 perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak, membacakan hasil rapat pleno tingkat Kecamatan dihadapan seluruh komisioner KPU Lebak, dan disaksikan oleh Panwaslu Lebak, Perwakilan DPRD Lebak, Asisten Daerah (Asda) 1 Pemda Lebak, Perwakilan Disdukcapil Lebak, Kodim 0603 Lebak, Polres Lebak, Tim sukses, serta undangan lainya.

Ketua KPU Lebak Ahmad Safarudin mengatakan, hasil dari kegiatan ini DPS untuk Pilkada Lebak sebanyak 938.627 pemilih, yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 479.506 dan 459.121 pemilih perempuan, dari jumlah DPS itu, terdapat 22.860 pemilih yang masih harus diperbaiki administrasinya oleh Disdukcapil.

"Sebanyak 22.860 yang belum valid, dengan rincian jumlah laki-laki 12.141 dan perempuan sebanyak 10.719, data ini akan diserahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lebak by name by adres agar administari kependudukan pemilih tersebut bisa lengkap," kata Ahmad.

Lanjut Ahmad, jika Disdukcapil tidak melakukan perbaikan terhadap jumlah pemilih yang secara administrasi belum lengkap, maka KPU Lebak akan mencoret data tersebut yang ditandatangani oleh KPU dan Disdukcapil dengan disaksikan Panwaslu Lebak.

Pihak KPU memiliki waktu 11 hari kerja yakni mulai tanggal 24 Maret – 3 April 2018, untuk melakukan perbaikan DPS sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sabtu (24/3) mendatang DPS itu akan didistribusikan kepada PPS melalui PPK yang tersebar di 1.897 tempat pemungutan suara (TPS) dari 345 Desa/Kelurahan di 28 kecamatan, DPS itu harus ditempel oleh PPK/PPS ditempat-tempat strategis yang mudah dijangkau masyarakat,” imbuhnya. (DB)



No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.