Header Ads

Babinsa Mujur Ajak Poktan Mekar Perbaiki Tanggul Irigasi


BantenPost.Com | Seorang Bintara Pembina Desa membantu Kelompok Tani Karya di RT. 04 RW. 03 desa Mujur, Kecamatan Kroya memperbaiki tanggul sawah yang rusak akibat tergerus aliran sungai Tipar.

Perbaikan tanggul irigasi ini guna memudahkan sarana pengairan sawah dengan luas sekitar 50 hektar.

Ini yang dilakukan Babinsa Desa  Mujur Sertu Budi Purwanto bersama Ketua Kelompok Tani Karya, Tusmin Andriana, pada Minggu (18/03).

Sertu Budi Purwanto  menyebutkan, perbaikan Tanggul irigasi melibatkan kelompok tani. "Irigasi ini mengaliri sawah kelompok tani Karya seluas 50 hektar. Ini juga berkaitan dengan meningkatnya curah air hujan, agar tidak menimbulkan banjir. Dengan diperbaiki, kami harapkan pengairan ke sawah poktan Karya desa Mujur tersebut berjalan lancar, sehingga kegiatan pertanian tidak mengalami kendala," ungkapnya.

Kegiatan pendampingan  tersebut juga merupakan wujud kepedulian Koramil 03/Kroya  dalam pembinaan wilayah melalui kegiatan bakti TNI. Selain dapat menginspirasi masyarakat lebih jauh sebagai perekat kemanunggalan TNI-Rakyat, dengan sasaran perbaikan tanggul irigasi di Desa Mujur, Kecamatan Kroya.

"Pengamatan kami, sejauh ini kondisi kerusakan tanggul irigasi dibiarkan dan tidak ada perbaikan, jadi kami berupaya mengajak poktan Karya," terang Babinsa.

Menurut dia, ada beberapa titik tabggul irigasi mengalami kerusakan cukup parah, akibat tergerus aliran sungai Tipar. Ini yang mengundang pertanyaan, kerusakan di saluran irigasi ini sudah terjadi cukup lama.

"Petani berharap perbaikan tanggul ini bisa secepatnya dilakukan, sebelum kerusakan bertambah parah," tandasnya.

Jurnalis: Sutaryo
Editor  : Usman


No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.