Header Ads

Diduga Merusak Tanaman Sawit Warga, PT.Silva Inhutani Dilaporkan ke Polisi


BantenPost.Com | Terkait pengrusakan tanaman kelapa sawit milik Hi. Hendy T.Haroen Bin Hi. Haroen Chalik seluas 7 Hektar yang berada di Dusun Pasir Jati, Kelurahan Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji  yang diduga dilakukan oleh 9 orang pelaku yang mengatas namakan dari PT. Silva Inhutani Lampung pada hari jum'at tanggal 05 Januari 2018 lalu, Kuasa Hukum dari pemilik tanah dan tanaman (Hi. Hendy T) atas nama Ir. Tonin Tachta Singarimbun, SH (53) akan menutut PT. Silva Inhutani Lampung sampai ke persidangan pengadilan.

Ir. Tonin Tachta Singarimbun, SH ( Kuasa Hukum dari Hi. Hendy T) kepada lampungdaily.com (Selasa,16 Januari 2018) mengatakan, selain dirinya akan menuntut pihak PT. Silva Inhutani Lampung secara jalur hukum yang berlaku sampai ke meja persidangan, dirinya telah melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepolisian Polres Mesuji.

"Saya selaku penerima kuasa hukum dari saudara Hi. Hendy T. Haroen Bin Hi. Haroen Chalil selaku pemilik lahan dan tanaman kelapa sawit, telah melaporkan terkait perkara pengrusakan secara bersama-sama dimuka umum sebagaimana pasal 170 SUB 406 KUHP yang mengakibatkan tanaman buah kelapa sawit milik Hi. Hendy T. Haroen yang terletak di Dusun Pasir Jati, Kelurahan Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, seluas lebih kurang 7 ha rusak sehingga mengalami kerugian sebesar 7 miliar, dan sudah saya laporkan kepada pihak Kepolisian Polres Mesuji pada hari senin, (08 Januari 2018) dengan tanda bukti laporan nomor : STTL/09/01/2018/Polda Lampung/Res Mesuji/SPKT dengan jumlah terlapor sebanyak 9 orang yang diduga dari PT. Silva Inhutani Lampung," Ungkap Tonin.

Adapun barang bukti (BB) yang telah diserahkan kepada pihak Kepolisian Polres Mesuji yaitu, 2 lembar foto tanaman sawit yang dirusak, 2 buah foto copy Akta Jual Beli (AJB) dengan nomor 223 dan 224, 2 lembar surat copy Surat Deptan Bea Perolehan Tanah dan Bangunan (SSB) a.n Ayu Rosmina dan Deny Mariano, dan surat keterangan Kepala Desa Talang Batu pada tanggal 23 Februari 2017 sebagai bukti pengrusakan tanaman buah kelapa sawit seluas 7 ha milik saudara Hi. Hendy T. Haroen Bin Hi. Haroen Chalik. Imbuh Tonin.

Selain akan menuntut ke jalur hukum dan telah melaporkan kepada pihak kepolisian terkait perkara pengrusakan secara bersama-sama dimuka umum tanaman buah kelapa sawit seluas 7 ha milik saudara Hi. Hendy T. Haroen sebagaimana pasal 170 SUB 406 KUHP yang dilakukan oleh 9 orang pelaku yang diduga dari PT. Silva Inhutani Lampung, Ir. Tonin Tachta Singarimbun, SH selaku kuasa hukum dari Hi. Hendy T. Haroen, akan mempertanyakan terkait Surat Keputusan Menteri Kehutanan nomor : SF, 322/Menhut-11/2004 tentang Keputusan Menteri Kehutanan nomor : 93/KPTS-II/1997 Tentang pemberian Hak Pengusahaan Hutan Tanaman Industri kepada PT. Silva Inhutani Lampung atas areal Hutan seluas lebih kurang 42.762 ha di Provinsi Lampung yang diduga ada kejanggalan. Demikian Tonin.

Jurnalis : Chandra Foetra S.

No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.