Latest News
Monday, December 4, 2017

Program SANIMAS IDB Makin Diminati Warga Pandeglang


BantenPost.Com | Program Sanimas Berbasis Masyarakat  ( SANIMAS ) yang bersumber dari Dana Islami Development Bank ( IDB ) tahun ini, memasuki tahun ke tiga, Program ini di motori Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat ( PUPR ), berupa kegiatan Pembangunan instalansi pengolahan air limbah (IPAL) Komunal pada lokasi rawan sanitasi dan kawasan kumuh.   

Program Sanimas di Kabupaten Pandeglang pada tahun 2017 mendapat Enam Belas Lokasi, yang mana meningkat dari tahun sebelumnya, secara bertahap setiap tahun bantuan Dana IDB itu meningkat sesuai dengan kebutuhan atau minat masyarakat.

Minat masyarakat Pandeglang, untuk tahun depan 2018, sesuai Surat Minat dan Surat Hibah yang telah masuk permohonan sebanyak lima puluh lokasi. Hal ini membuktikan bahwa Program Sanimas di Kabupaten Pandeglang semakin diminati.

Menurut Suwarno, Sanimas merupakan program pembangunan infrastruktur air limbah komunal dengan sasaran masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan agar memiliki air limbah aman. 

"Jadi sanitasi ini sebuah infrastruktur jaringan limbah khususnya limbah kamar mandi penduduk yang bakal dipusatkan pada satu atau beberapa titik,hal ini akan mengurangi pencemaran limbah ke sungai atau ke saluran terbuka, agar bisa mewujudkan lingkungan yang bersih, lebih sehat pada gilirannya kita bisa mencapai tingkat kesejahteraan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat yang semaksimal mungkin," katanya.

Adapun alokasi anggaran  langsung secara bertahap masuk ke rekening BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) dan langsung di salurkan ke KSM (Kelompok Suadaya Masyarakat) sebagai pelaksana program di bawah, imbuh Suwarno.

Sementara itu, Mamat Ketua RT 01/ RW 06 KMP Cihaseum Kelurahan Pandeglang, didampingi Jaja Warga yang mau menghibahkan Tanahnya, mengatakan warganya telah menyerahkan Surat Minat dan Surat Hibah untuk permohonan Program Sanimas di Kampungnya, bahkan dua lokasi agar diberikan atau dipercayakan melaksanakan Program Sanimas tersebut karena dan setelah mendengar sosialisasi dari BKM, Consultan dan Dinas Perkim, serta melihat langsung hasil Pembangunan di Cikondang dan Gardu Tanjak, tempat atau tanah tersebut sebelumnya tidak enak di pandang dan di manfaatkan menjadi tempat yang Yaman, bersih dan enak di pandang. Serta warga sekitar merasakan manfaatnya, karena saluran saluran terbuka air limbah, sudah tidak bau lagi, lebih bersih sebab saluran terbuka tersebut bukan untuk air limbah lagi, tapi hanya untuk air hujan, air limbah kamar mandi di salurkan lewat pipa yang di tanam di bawah tanah,sehingga lingkungan jadi nyaman, katanya. (Rls)


  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Program SANIMAS IDB Makin Diminati Warga Pandeglang Rating: 5 Reviewed By: Banten Post