Latest News
Rabu, 01 November 2017

Pembangunan Jalan Montor-Pagelaran Dilanjutkan, Setelah Diprotes Warga


Bantenpost.com |
Pembangunan peningkatan ruas jalan Montor - Pagelaran Kecamatan Pagelaran kabupaten Pandeglang diawali protes warga setempat. Pasalnya, masyarakat disekitar pembangunan ruas jalan itu memperotes lebar jalan yang dalam perencanaannya cuma 3 meter, sementara keinginan masyarakat agar pembangunan peningkatan jalan tersebut dengan lebar 4 meter.

Mengingat akses jalan yang kerap dilalui kendaraan Truk yang bukan hanya dilintasi kendaraan roda 4 yang minim ukurannya, sehingga wargapun protes agar lebar badan jalan itu dirubah menjadi 4 meter. Alhasil, pelaksanaan peningkatan jalan tersebut disepakati pihak Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) kabupaten Pandeglang dan pihak pelaksana dari PT. Tualang.

Sementara kepada awak media pihak DPU-PR Yudi Pramono, ST. mengatakan pihaknya merencanakan peningkatan jalan itu dengan hasil penuh pertimbangan yang cukup matang tentang lebar jalan itu.

"Terkait kegiatan ruas jalan Montor - Pagelaran, kebetulan bukan saya PPTK-nya, tetapi tentunya mungkin perencanaan sudah mempertimbangkan beberapa aspek yang ada, terkait lebar badan jalan dalam perencanaanya," katanya.

Seandainya memang tidak ada kendala mengenai kepemilikan hak atas tanah terkait lebar badan jalan untuk 4 meter, imbuh Yudi, saya rasa nilai manfa'at akan lebih signifikan, jika dilaksanakan sesuai keinginan masyrakat dengan lebar 4 meter itu.

Menurut Yudi, jika ada permasalahan terkait kepemilikan atas tanah yang terpakai untuk pelebaran badan jalan itu, maka diharapkan agar pemilik tanah untuk menghibahkannya, dan pihaknya berharap agar proses pelaksanaan peningkatan jalan itu berjalan dengan lancar serta kondusif.

"Namun seandainya masih ada permasalahan hak atas tanah terkait lebar jalan itu menjadi 4 meter, maka seyogyanya dilakukan proses hibah dari pemilik kepada pihak Pemda. Sehingga nantinya pemkab tidak terkendala mengenai pendataan aset ruas jalan kabupaten kedepanya, dan saya harap pelaksanaan peningkatan jalan itu berlangsung lancar dan kondusif," pungkasnya.

Sementara Idis Gondrong, selaku pihak pelaksana proyek tersebut, menyebutkan pekerjaan proyek jalan yang sedang dilaksanakannya tidak menentang keinginan masyarakat, sekalipun adanya perubahan teknis pelaksanaan dari lebar jalan 3m menjadi lebar jalan 4 m.

Menurut perhitungannya, sekalipun spek awal atau perencanaan yang diberikan pihak dinas hanyalah 3 m, sementara masyarakat komplen dengan lebar yang minim itu, sehingga dilaksanakanlah dengan lebar 4m, dan pihaknya akan melaksanakan peningkatan jalan sampai selesai dengan lebar badan jalan 4 m.

"Saya dari pihak pelaksana tentunya tetap melaksanakan kegiatan ini, karena pihak kami lebih cenderung kepada keinginan masyarakat setempat, dan kami akan laksanakan dengan lebar 4 m serta hal ini sudah disetujui oleh pihak Dinas," ujar idis gondrong dilokasi itu, pada Rabu (01/11/2017).

Ditempat terpisah, Mahjup Pelaksana harian (Plh) desa Montor kecamatan Pagelaran mengatakan bahwa masyarakat sekitar cukup antusias dengan adanya pembangunan peningkatan jalan Montor-Pagelaran kecamatan Pagelaran yang kini sedang dilaksanakan, sekalipun pada awalnya warga setempat protes dengan perencanaan lebar jalan. Namun aksi protes warga ditanggapi pihak Dinas begitupun pihak pelaksana yang cukup legowo memenuhi keinginan masyarakat, sehingga pembangunan peningkatan jalan tetap dilaksanakan dengan lebar jalan 4 m walaupun ada teknis yang dirubah.

Selanjutnya masyarakat disekitar pembangunan jalan itu sangat antusias dan berterima kasih kepada pihak pemerintahan kabupaten Pandeglang serta kepada pihak pelaksana proyek tersebut.

"Tentunya masyarakat sangat antusias merespon pelaksanaan pembangunan peningkatan jalan yang sedang dikerjakan, pihak kami semua mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang merealisasi keinginan warga kecamatan Pagelaran dengan adanya pembangunan jalan," ucap Mahjup di ruang kerjanya. (Saeful SBN/Hadi)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pembangunan Jalan Montor-Pagelaran Dilanjutkan, Setelah Diprotes Warga Rating: 5 Reviewed By: Banten Post