Latest News
Sabtu, 04 November 2017

Operasi Zebra Kalimaya 2017, Polda Banten Sita Ribuan STNK


Bantenpost.com |
Selama dua hari pelaksanaan razia kendaraan bermotor, sudah terjaring 3.476 pengemudi kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas (lantas) di wilayah hukum Polda Banten.

Ribuan pelanggar itu terjaring dalam pelaksanaan Operasi Zebra Kalimaya 2017 yang digelar serentak sejak 1 sampai 14 November 2017.

Pada hari pertama razia pada Rabu (1/11), Polda Banten dan jajaran sudah menindak 1.631 pengemudi yang melanggar lalu lintas. Sebanyak 1.004 pelanggar dikenakan sanksi tilang. Sementara, 627 pelanggar hanya dilakukan teguran.

Kemudian pada hari kedua, Kamis (2/11) tercatat ada 1.845 pengemudi kendaraan bermotor ditindak petugas Polda Banten dan jajaran. Sebanyak 1.373 pengemudi di antaranya dikenakan sanksi tilang dan 472 pengemudi dikenakan teguran.

“Teguran diberikan kepada pengemudi yang melakukan pelanggaran yang masih bisa kita tolerir. Misalnya, pemasangan helm yang belum diklik (terkunci-red) dan pelat nomor polisi bukan asli karena memang dulu sempat ada keterlambatan material,” jelas Direktur Lantas Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Tri Julianto Djatiutomo.

Menurutnya, para pelanggar masih didominasi oleh pengemudi roda dua lantaran tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) atau tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK).

“Betul, motor dan karena tidak memiliki SIM,” kata Djatiutomo.

Berdasarkan catatan Polda Banten dan jajaran, kata Djatiutomo, sebanyak 2.082 pelanggar yang ditilang adalah pengemudi roda dua. Sementara, 295 pelanggar adalah pengemudi roda empat. “Pelanggaran terbanyak adalah tidak memiliki SIM atau tidak membawa surat-surat penting kendaraan. Roda dua itu mencapai 758 pelanggar, sedangkan roda empat 190,” kata Djatiutomo.

Sementara, barang bukti yang disita Polda Banten dan jajaran atas pelanggaran itu terdiri atas 341 SIM dan 1.905 STNK serta sebanyak 131 unit kendaraan.

“Terbanyak pelanggaran di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang,” jelas perwira menengah kepolisian itu tanpa memerincinya.

Djatiutomo mengimbau pengemudi di wilayah hukum Polda Banten supaya taat dan mematuhi peraturan demi keselamatan bersama. Sebab, kecelakaan itu bemula dari pelanggaran.

“Operasi Zebra mengutamakan penindakan pelanggaran,” tegas Djatiutomo.
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Operasi Zebra Kalimaya 2017, Polda Banten Sita Ribuan STNK Rating: 5 Reviewed By: Banten Post