Latest News
Tuesday, November 28, 2017

Media Menjadi Sarana Perekat Kebersamaan Insan Pers


BantenPost.Com | Berangkat dari kepedulian yang sama akan pentingnya kebersamaan dalam jalinan silaturahmi, sejumlah wartawan media cetak maupun online yang tergabung dalam komunitas "Family Jurnalis Indonesia Group" kemarin mengadakan Acara Kopdar bertempat dikawasan Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang.

Acara yang diinisiasi oleh para petinggi media ini dimaksudkan sebagai sarana perekat silaturahmi antar insan pers guna mencari persamaan persepsi atas sejumlah isu global, utamanya yang menyangkut dunia jurnalistik di tanah air.

Demikian hal tersebut disampaikan Sekjend Akrindo Usman PN hari ini di Tangerang (27/11).

Menurutnya, rutinitas jurnalis yang setiap hari berjibaku menggali informasi dari berbagai sumber memaksa seorang jurnalis harus fokus dalam tugas, sehinga kerap sekali ritme ini memberikan efek psikologis yang dominan, karenanya dengan adanya acara kopdar akan sangat membantu secara psikologis dalam kaitan berinteraksi antar sesama insan pers.

"Suasana akan lebih cair dan lepas, hal itu dapat merefresh ulang segala bentuk kejenuhan dan kesibukan para jurnalis setiap hari. Paling tidak dengan kopdar, kita bisa saling berbagi ilmu dan share segala info terkini. Makna yang utama, melalui kopdar kita bisa mempererat jalinan persahabatan," kata Usman yang juga Pemred PostNews Online.

Sementara Ketua DPD IPJI banten, Yosef menilai dengan adanya Acara kopdar ini bisa pula sebagai bentuk kekuatan dan mempererat Persatuan dan kesatuan para Jurnalis.

"Semoga dengan acara kopdar ini kita sebagai Jurnalis bisa selalu kompak  di segala hal dan selalu membantu rekan rekan yang membutuhkan," pungkasnya.

Menanggapi acara kopdar para Jurnalis Tangerang tersebut, Ketua Lembaga Kajian Komunikasi Terapan Indonesia (LKKTI) Hadi Suprapto berpendapat seyogyanya, acara kopdar seperti ini bisa diadakan secara rutin. Pasalnya, kata Hadi, hal tersebut akan membantu proses pencerahan secara personal bagi setiap jurnalis, mengingat tensi yang begitu tinggi dalam tugas.

"Acara kopdar adalah cara lain kita bisa berkomunikasi langsung dengan para sahabat, ini tentu sangat membantu dalam pemulihan personal bagi seorang jurnalis yang didera tensi cukup tinggi soal deadline," katanya.

Mantan Redaktur Senior Jawa Pos ini mendukung bila acara kopdar bisa dijadikan acara rutin. Menurutnya, hal ini tidak saja jadi ajang perekat persahabatan, tapi juga obat mujarab memulihkan adrenalin yang melekat pada diri seorang jurnalis.

"Semoga kedepan kita bisa selenggarakan bersama dalam kemasan yang lebih menarik, karena banyak manfaat yang bisa dicapai dari acara seperti ini, selain membangun kebersamaan insan pers," pungkas Hadi, yang juga Pemred JakartaDaily.ID ini.

Acara kopdar kemarin di hadiri oleh puluhan para Jurnalis se-kota Tangerang Raya. Selain itu, hadir pula Calon  legeslatif dari Partai Garuda Gerakan Perubahan.

Dalam acara kopdar itu, Calon caleg Dari partai garuda Rohiman yang akrab disapa Aeng, turut bergabung.

" Ini bagus sekali, dan saya sangat merasa Senang bisa ikut kumpul bersama kawan-kawan wartawan," ujarnya. Dia pun berharap, jika kelak mendapat kesempatan menjadi wakil rakyat, juga akan mengundang rekan-rekan yang hadir saat itu. (Ummi Khalsum)



  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Media Menjadi Sarana Perekat Kebersamaan Insan Pers Rating: 5 Reviewed By: Banten Post