Latest News
Saturday, November 18, 2017

Forum PUSPA Banten Akhirnya Terbentuk


Bantenpost.com |
Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) provinsi Banten resmi terbentuk. Pembentukan itu melalui rapat bersama antara sejumlah elemen masyarakat seperti tokoh masarakat, dunia usaha, organisasi kepemudaan hingga media berkumpul di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (16/11/2017).

Pusat Studi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Enggar Utari yang menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut mengapresiasi atas terbentuknya PUSPA Provinsi Banten.

Menurutnya, melalui wadah forum tersebut diharapapkan akan mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mencegah persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Alhamdulillah, secara resmi PUSPA Banten terbentuk hari ini. Ada beberapa bidang yang terbagi berdasarkan turunan dari Kemen PPA. Semoga dalam waktu dekat ini, PUPSA Banten bisa disyahkan melalui SK Gubernur," kata Enggar seperti dikutip dari rri.co.id.

Dia menambahkan, kepengrusan PUSPA ini memiliki tanggung jawab besar dalam membantu pemerintah dalam upaya pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Tidak hanya itu, PUSPA juga memiliki tugas dan fungsi mengawal program 3 End's, yaitu pertama akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan," katanya.

Sementara, akademisi UIN Banten, Masykur Wahid menambahkan, melalui forum PUSPA ini diharapkan sinergitas penanggulangan persoalan perempuan dan anak di Banten bisa diminimalisir. Apalagi sebenarnya cikal bakal PUSPA di Banten sudah terbentuk sejak tahun 2016 lalu.

"Kami berharap memang dukungan dari masyarakat dalam upaya penanggulangan 3 End's ini. Karena melalui masyarakat informasi kekerasan dan perdagangan terhadap perempuan dan anak bisa diketahui," jelas Masykur.

Lebih dari itu, pria yang identik dengan blankon ini juga mengatakan untuk saat ini kasus kekerasan dan TPPO di Banten terus menjadi perhatian DP3KKB.

"Oleh karena itu,  kegiatan untuk menanggulangi persoalan ini juga diintensifkan. Kami dari akademisi juga berupaya untuk mendorong masyarakat agar terlibat aktif dalam membantu upaya pemerintah tersebut," tegasnya.

Kedepan, PUSPA Banten akan mensinergikan 3 pihak, Pemerintah daerah dengan lembaga masyarakat seperti organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, lembaga riset, lembaga profesi, dunia usaha, lembaga media, dan masyarakat seperti tokoh adat,  tokoh agama, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) provonsi Banten, Sitti Maani Nina menyatakan pembentukan PUSPA Provinsi Banten  dilaksanakan  pada hari ini adalah pertemuan koordinasi yang fundamental yang dilakukan kementerian PPPA bekerjasama dengan DP3AKKB Provinsi Banten guna menggalang partisipasi semua pihak.

"Tidak hanya lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah, namun juga lembaga masyarakat, organisasi keagamaan, akademisi, lembaga riset, dunia usaha dan media  untuk turut serta bersama sama terlibat dalam menyebar-luaskan dan  menyukseskan program Three Ends yang didalamnya berisi pesan mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia, serta kesenjangan ekenomi perempuan," pungkasnya.

Karena persoalan perempuan dan anak, imbuhnya, harus dilaksanakan secara sinergitas dan kolaborasi bersama. (Sumber Foto: RRI/Hadi)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Forum PUSPA Banten Akhirnya Terbentuk Rating: 5 Reviewed By: Banten Post