Latest News
Thursday, November 16, 2017

Enceng Gondok Rawa Cipondoh Ternyata Pernah di Ekspor ke Malaysia


Bantenpost.com |
Ternyata, jenis tanaman enceng gondok memberi manfaat dan berkah tersendiri bagi Hasan (70), seorang pria asli Tangerang, penduduk di RT. 01, RW. 03, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang.

Dia mengaku merasa diuntungkan dengan adanya tanaman enceng gondok yang berada di lingkungan rumahnya. Tumbuhan air yang mengapung dengan tinggi sekitar 0,4 – 0,8 meter.

Tanaman ini tidak mempunyai batang, daunnya tunggal berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau ini banyak ia temukan di Rawa Cipondoh.

“Sudah lama saya mengais rejeki dari tanaman ini. Bagi saya tidaklan mencari enceng gondok,” katanya, kemarin.

Menurut Hasan dengan menggunakan rakit bambu untuk menyeberangi rawa dan mengambil enceng gondok sudah menjadi rutinitasnya.

Di tangan  Hasan, jenis tumbuhan enceng gondok bermakna rupiah. Meski bagi orang lain malah disebut sebagai biang pencemaran. Kenapa? Karena encong gondok itu ia jadikan barang kerajinan tali enceng dan banyak digunakan untuk bahan baku membuat tas.

Masih menurut Hasan, dalam sebulan ia bisa menjual 500 ribu pasang tali enceng ke pengrajin seni yang ada disekitar Tangerang, dan Jakarta.

"Satu pasang tali berukuran 30 senti dan tali- tali itu diikat masing-masing berjumlah lima ratus pasang. Harga setiap ikatnya biasa dijual Rp. 30 ribu," katanya.

Usaha ini kata Hasan tidak sulit, kuncinya adalah kemauan. “Usaha ini gampang tidak perlu modal banyak, yang penting ada kemauan,” ucapnya lirih.

Ternyata, dari pengakuan Hasan usaha tali enceng gondok ini pernah berhasil diekspor ke luar negeri seperti ke Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Saya pernah menerima pesanan dari Malaysia dan Brunei Darussalam, dulu jumlah tali enecng yang saya kirim bisa satu truk besar sekali kirim,”pungkasnya.  (Raymu)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Enceng Gondok Rawa Cipondoh Ternyata Pernah di Ekspor ke Malaysia Rating: 5 Reviewed By: Banten Post