Latest News
Wednesday, November 29, 2017

Dispar Banten Kembangkan Potensi Desa Wisata Cikolelet



BantenPost.Com | Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, menerangkan bahwa  potensi wisata Banten  sangat  banyak yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Salah satunya adalah  potensi wisata yang ada di  Desa  Cikolelet yang dapat dikembangkan menjadi destinasi  desa wisata yang memiliki keunggulan dan berada  tidak jauh dari  destinasi  wisata  Pantai Anyer Cinangka yang sudah terkenal. 

Desa Cikolelet memiliki beberapa spot  yg bernuansa pemandangan alam, air terjun dan keaneka ragaman seni budaya sebagai daya tarik wisata."Kami bersama Dispar kab/kota dan masyarakat serta pelaku industri pariwisata berupaya untuk melakukan penataan destinasi yang ada agar menjadi lebih baik dan dapat menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan," terangya.

Eneng menjelaskan, pentingnya untuk menerapkan dan menciptakan  sapta pesona di setiap destinasi wisata yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan yang menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh pelaku pariwisata.

"Menciptakan suasana indah mempesona khususnya tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan agar mereka betah tinggal lebih lama, karena merasa puas atas kunjungannya sehingga dapat memberikan kenangan indah dalam perjalanannya," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten Paundra Bayyu Ajie menjelaskan, pihaknya akan terus menyusuri destinasi wisata daerah yang belum tersentuh atau dikelola dengan baik untuk dikembangkan secara optimal melalui kegiatan pengembangan maupun dukungan kegiatan kepariwisataan yang dinilai dapat berdampak pada perkembangan destinasi wisata.

"Desa Wisata Cikolelet merupakan salah satu obyek wisata daerah yang saat ini kami tetapkan sebagai daerah pengembangan pariwisata yang didalamnya memiliki beragam atraksi wisata seperti alam puncak pilar,air terjun, agrowisata dan lainnya," ungkapnya Pada Kegiatan Pengembangan Destinasi Wisata Desa Wisata Cikolelet di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Rabu, 22/11/2017, lalu.

Dikatakan Bayu, wisata merupakan salah satu unsur yang dapat diberdayakan oleh masyarakat sebagai salah satu sumber pendapatan perekonomian dengan menciptakan atraksi wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan.

"Masyarakat disini sudah tepat berperan dalam membangun desa wisata yang sudah memiliki unsur atraksi seperti ekonomi kreatif, seni tradisional, tradisi budaya dan pengembangan wisata alam. Masyarakat harus siap membangun dan mendukung kegiatan wisata disini seperti melengkapi petunjuk arah menuju destinasi dan pembangunan amenitas seperti mushola, toilet dan homestay," jelasnya.

Sumber: bantenprov.go.id

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Dispar Banten Kembangkan Potensi Desa Wisata Cikolelet Rating: 5 Reviewed By: Banten Post