Latest News
Thursday, November 16, 2017

Anjal Makin Marak di Kota Tangerang


Bantenpost.com |
Fenomena keberadaan anak anak jalanan (Anjal), pengamen, pedagang asongan di beberapa lampu merah seperti Jln.MH thamrin, lampu merah Tanah tinggi, dan di bilangan Tangerang kota lainya, membuat miris publik. Pemandangan potret kesenjangan sosial seperti ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna jalan maupun warga seputaran Tangerang Kota, maupun warga luar kota yang kebetuan melintas.

Hasil pantauan awak media pada Rabu, (15/11)  di lokasi, di balik keramaian lalu lintas di Tangerang kota tak menyurutkan semangat anak anak jalanan tersebut dalam berjibaku untuk mendapatkan rupiah, dan yang membuat miris publik di antara anak anak jalanan tersebut banyak yang di bawah umur, yang notabene harus menikmati masa masa sekolah maupun bermain.

Seperti yang di sampaikan warga seputaran lampu merah tanah tinggi, pemandangan anak anak jalanan -- yang menjalankan berbagai aktivitas seperti ngamen, jualan, bahkan meminta sumbangan ke para pengguna jalan, yang masih usia dini ini sudah lama berlangsung.

"Sudah lama anak anak kecil itu, pada jualan dan kegiatan lainnya di lampu merah ini bang," ungkap seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Masih di tempat yang sama, Bunga (nama samaran) yang usianya sekitar (9th), salah satu anak jalanan ketika di tanyakan perihal aktivitasnya di ketahui atau tidak oleh orang tuanya,  menyampaikan sebuah jawaban yang sangat menampar telinga bagi yang mempunyai nurani.

" Di izinkan sama bapak ibu....kak, karena mau bantuin bapak," ujarnya polos sambil bercanda ala anak kecil.

Pemandangan yang sama juga terlihat di Tangerang Kota, tepatnya di lampu merah simpang empat yang tak jauh dari Kodim Tangerang kota. Lagi-lagi fenomena serupa nampak terlihat jelas dan tak jauh berbeda, di mana seorang ibu rumah tangga mengajak anaknya yang masih usia bangku sekolahan, namun harus pupus karena membantu menjajakan daganganya ke setiap kendaraan yang melintas.

"Sejak tamat SD sudah tak mau sekolah lagi anak saya pak, yaa saya ajakin dagang begini untuk membantu ekonomi keluarga, karena suami saya hanya buruh lepas," terang ibu tadi, yang mengaku dari daerah Cipondoh Tangerang, seolah olah mengamini kegiatan anaknya yang masih di bawah umur tersebut.

Menanggapi fenomena ini, praktisi media sekaligus Ketum Akrindo, drs. Munthe mariphin menyampaikan, sangat mengkritisi dinas terkait yang terkesan tutup mata terhadap fenomena tumbuh suburnya Anak jalanan di wilayah yang notabene berbatasan langsung dengan ibu kota Jakarta.

"Saya sangat menyesalkan kejadian maraknya anak jalanan (Anjal) di beberapa lampu merah di Tangerang Kota, dinas terkait seolah olah tutup mata, atau memang sudah buta, akankah karena jabatan hingga lupa akan tugasnya sebagai abdi negara, padahal mereka di gaji oleh Negara dan uangnya juga dari rakyat," pungkasnya. (NNN/Rls)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Anjal Makin Marak di Kota Tangerang Rating: 5 Reviewed By: Banten Post