Latest News
Sabtu, 21 Oktober 2017

Gerakan Wartawan Anti Reklamasi Dukung Anies Sandi


BantenPost.Com |
Fenomena pulau reklamasi rupanya sudah membuat masyarakat semakin marah. Jika sebelumnya Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan begitu getol ingin melanjutkan reklamasi dengan cara mencabut moratorium. Kini pihak-pihak yang perusahaan yang membangun pulau reklamasi, rupanya mulai semakin intens untuk melarang segala hal yang berhubungan dengan pemberitaan tentang pulau buatan reklamasi.

Bahkan ketegangan antara jurnalis dengan pihak keamanan dari pulau reklamasi ketika akan dikunjungi untuk meliput, rupanya membuat masyarakat semakin marah, bahkan para awak media juga merasa jika hal tersebut tidak bisa dibiarkan.

Beberapa wartawan yang berasal dari beberapa media membentuk sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan Wartawan Anti Reklamasi (G-WAR) yang dipicu dengan kasus pengusiran wartawan dari sebuah stasiun televisi swasta untuk tidak mendekati lokasi.

“#Fakta Proyek “Sakti” Reklamasi (bag 1) Dari darat, diusir. Dari laut, diusir. Sudah ada negara dlm negara kah?,” tulis Ronavioleta melalui akun sosmed twitternya seusai menonton video ketika rombongan wartawan dari TVOne yang diusir dari lokasi dermaga ujung sebagai akses untuk menuju ke Pulau D, salah satu pulau reklamasi yang sudah dibuat.

Pulau D adalah pulau buatan yang dibuat oleh salah satu taipan Indonesia yang secara “sakti” bisa mengantongi surat legalitas bangunan dan tanah yang dibuat oleh Badan Pertanahan dari Jakarta Utara tanpa melalui proses. Saktinya karena proses sejak diajukan kemudian dibuat hanya dalam waktu satu hari selesai.

Menurut ketua G-WAR, Jalu, saat ini sudah ada sekitar 40-an wartawan dari beberapa media yang menyatakan diri bergabung dengan gerakan ini, ” Bahkan ada pemilik media yang menyatakan jika mereka mendukung gerakan ini,” ujar Jalu yang juga dikenal sebagai Ketua Deputi Bidang Organisasi Forum Pers Independen Indonesia. yang berharap seluruh wartawan bisa ikut dan menyatakan untuk mendukung gerakan ini.

Menurut Jalu persoalan pengusiran untuk mendekati lokasi reklamasi ini bukan hanya sekali, bahkan warga nelayan yang ingin melewati lokasi reklamasi dijaga ketat, ” Padahal mereka hanya lewat untuk pergi memancing, namun diusir juga,” ujarnya heran dengan sikap pemilik perusahaan yang menganggap jika para nelayan adalah musuh mereka.

“Jika memang Anies dan Sandi tetap komitmen untuk menghentikan proyek reklamasi, kami akan dukung, jika tidak kami akan berbalik melawan mereka juga,” ujarnya tegas.

(jall/rilis)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Gerakan Wartawan Anti Reklamasi Dukung Anies Sandi Rating: 5 Reviewed By: Banten Post