Latest News
Monday, October 2, 2017

Cegah WNA Ilegal, Disdukcapil Tangsel Gelar Pendataan Ulang Guru Asing


BantenPost.Com |
Mengantisipasi pekerja asing yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jajaran tim gabungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat melakukan pendataan ulang.

“Kami memang serius dalam melakukan pendataan ulang kepada orang asing atau WNA yang berkerja di Tangsel terlebih perusahaan, pabrik maupun sekolah,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto, Minggu (1/10/2017).

Kegiatan ini dilakukan gabungan bersama petugas Polres, Koramil, Dinas Pendidikan, Imigrasi, dan Satpol PP. Tujuannya, menghindari hal yang tidak diinginkan kepada orang asing atau WNA yang menetap sementara dan tinggal tetap, khususnya di beberapa sekolah asing yang menggunakan tenaga kerja asing.

Dia  mengaku hanya ingin memastikan kelengkapan dokumen terhadap tenaga asing atau WNA yang berkerja seperti asal negara, jabatan di sekolah dan berapa lama menetap di Kota Tangsel.

Langkah Ini sesuai ketentuan yang berlaku terhadap orang asing yang memiliki izin tinggal terbatas dan orang asing yang memiliki izin tinggal tetap yang pindah dalam wilayah NKRI wajib melaporkan rencana kepindahan kepada instansi pelaksana di daerah asal.

“Selain untuk melakukan pendataan penduduk juga bermanfaat bagi mereka yang bekerja di Indonesia khususnya Kota Tangsel bila terjadi musibah kecelakaan atau lainnya dapat diketahui identitas WNA tersebut,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel Heru Sudarmanto, menjelaskan, pendataan ini untuk melakukan pembinaan, agar mereka tertib administrasi seperti harus selalu untuk membawa surat keterangan sementara saat berpergian.

“Berdasarkan data di satu sekolah internasional terdapat 31 guru asing yang mengajar disana dan berasal dari Canada, Australi, Inggris dan lainnya, sementara untuk di sekolah Jepang ada 78 guru, mayoritas dari Jepang,” katanya yang menambahkan jika ada sekolah yang memiliki. pekerja asing belum melengkapi maka sekolah diminta secepatnya melengkapi data secara tertulis ke Disdukcapil Tangsel. (sumber: JD)

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Cegah WNA Ilegal, Disdukcapil Tangsel Gelar Pendataan Ulang Guru Asing Rating: 5 Reviewed By: Banten Post