Latest News
Rabu, 18 Oktober 2017

Bupati Lebak Ngamuk Jadi Viral di Medsos


BantenPost.Com |
Tren kepala daerah marah-marah sepertinya muncul lagi. Video Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya sedang marah-marah pakai bahasa Sunda kasar menjadi viral di media sosial, kemarin. Aksi sang bupati banyak dipuji netizen.

Iti marah-marah saat mengetahui sebuah taman rusak akibat ada bangunan yang berdiri di atasnya. Taman ini terletak di kawasan wisata Baduy Luar, di Kampung Ciboleger, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Banten. Awalnya, sebuah akun Youtube, EPWads mengunggah video berjudul Viral, Bupati Lebak Marah Besar Taman Diubah Jadi Gedung Tanpa Ijin. Iti Octavia Jayabaya. Sejak diposting 13 Oktober lalu, video tersebut sudah dilihat lebih dari 10 ribu kali dan disukai ratusan netizen.

Dalam video ini, Iti tengah sidak jelang kedatangan Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di lokasi tersebut. Melihat taman ditumbuhi bangunan, Iti langsung naik pitam. Dia memarahi para pekerja bangunan, camat hingga kepala desa setempat.

"Nganggap remeh dia ka aing, sagala solokan ku dia dicor sagala macem, ku dararia. Naon eta arana? Pak camat kumaha sih teu kakontrol, jaro kumaha sih? Aing ku maneh disapatkeun, nu aya beuheung dia disapatken ku aing dararia," kata Iti dengan berapi-api. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia kira-kira begini: "Menganggap remeh kalian ke saya!. Selokan dicor oleh kalian. Apa itu? Pak Camat gimana sih nggak ke kontrol, kepala desa? Kamu semua dibabat, nanti leher kamu saya tebas juga."

Kabag Humas Kabupatan Lebak, Eka Prasetiawan mengatakan bupati marah-marah di trotoar jalan menuju ke kawasan wisata masyarakat adat Baduy, di samping Terminal Ciboleger, Kamis pekan lalu.

"Awalnya nggak ada taman, sama APBD dibangun taman di kiri kanan. Beres, tapi hancur lagi," kata Eka.

Akhirnya diketahui, yang merusak taman dan menjadikannya bangunan adalah warga sekitar. Bahkan dirusak dibangun sebuah ruko. Meski demikian, kemarahan bupati tak berlangsung lama. Saat menkop tiba, Iti sudah kembali tersenyum dan terlihat aktif memandu para tamu, memperlihatkan kerajinan hasil setempat.

Plt Kasatpol PP Lebak Dedi Supratnawiyata menyatakan, pemilik bangunan yang menutup taman milik Pemda Lebak adalah agen makanan dan warung. Pemilik bernama Agus (36) dengan alamat RT 03 RW 001 Desa Bojong Menteng, Leuwidamar.

Dia mendirikan bangunan tersebut tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan dan jelas menyalahi aturan karena menjorok ke taman milik Pemda.

Dedi menegaskan, pemilik diminta bertanggung jawab dan diminta membuat surat pernyataan bertanggung jawab atas taman yang ditutup olehnya.

"Taman yang rusak olehnya dibetulkan kembali. Bangunannya terus digeser agar tidak terlalu mepet ke jalan," katanya.

Video Iti memviral. Sejumlah akun di Youtube turut memosting video serupa. Di Twitter, video berisi kata-kata kasar berbahasa sunda ini juga menyebar. Di berbagai kolom komentar video di Youtube, sejumlah netizen memuji ketegasan Iti.

"Muantabs bupati," tulis Andri Hidayat senada dengan Deni Susanto. "Kalo Bupati kaya begini kepdes dan masyarakat bakal berpikir. Lanjutkan bu Iti Octavia JB. Anda luar biasa?"

Di Twitter, netizen lebih rame. Akun @DhonieWinatha menilai, Bupati Iti bersikap keras demi kepentingan warganya. "Bupati Lebak ini kalo gak salah anaknya Jayabaya yang mantan Bupati juga. Keturunan jawara. Sifatnya keras, total demi kepentingan masyarakat," kicaunya. Akun @mparidho kagum. "Taman disulap jadi bangunan, Bupati Lebak Iti Octavia mengamuk. The Power of emak-emak," cuit dia, serupa dengan @_nainaina. "Yah gini nih kalo bupatinya emak-emak. Sapatkeun kuaing beuheungna."

Akun @fahraniee menimpali. "The power of emak-emak. Walaupun gak begitu paham bahasanya, tapi semoga makin banyak pemimpin yang tegas kayak gini," cuitnya dibalas @SelatanAa. "Bupati Lebak tegas dalam bertindak," cuitnya. Akun @meetmead ngerasa serem. "Gokil Bupati lebak galak banget hahaha," kicau dia disamber @TubagusKupra. "Yang buat saya bingung masyarakat lebak punya Bupati tegas seperti itu kok bukanya didukung malah banyak yang melecehkan. Kalian kapan majunya?," kicaunya.

Akun @ikasurachmanto ingat Walikota Surabaya Tri Rismaharini. "Jadi inget Bu Risma yang ga segan-segan marah kalau ada yang salah. Meskipun bisa manggil yang bertanggung jawab di situ tapi marah-marah ini bikin mereka malu," cuitnya.

Meski demikian, ada juga yang nyinyir dengan aksi Iti. "Sandiwara kali nih, supaya terkesan kayak Bu Risma. Kalau Bu Risma mah emang beliau kharismatik," cuit @jandaseger sama dengan @ssaryono. "Ngamuk pencitraan. Atau beneran, tumben," kicaunya.








  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Bupati Lebak Ngamuk Jadi Viral di Medsos Rating: 5 Reviewed By: Banten Post