Latest News
Selasa, 03 Oktober 2017

Banyak Atribut Pilkada di Serang Diduga Belum Bayar Pajak


BantenPost.Com |
Jelang Pilkada Kota Serang, akhir-akhir ini masyarakat banyak menemui spanduk, baleho atau bilboard yang terpasang diwilayah Kota Serang. Sudah barang tentu pemerintah dirugikan jika banyak yang memasang Spanduk, Banner dan Bilboard tetapi tidak membayar pajak.

Sementara patut diduga banyak para kandidat yang bertarung tersebut belum melakukan pembayaran pajak reklame yang kian marak itu.

Kabid pajak BPPKAD Pemkot Serang Tb. Agus Suryadi, saat dihubungi menyebutkan belum mendata soal ini. Namun demikian ia membenarkan bahwa untuk pajak spanduk dan banner telah ditetapkan sebesar Rp.7500 permeter persegi untuk satu minggu, sedangkang untuk Bilboard  minimal sebesar Rp.382.750 untuk satu tahun permeter persegi.

“Dan jika mengganti brand atau merek prodak, maka harus bayar lagi karena ganti brand, kecuali perusahaan tersebut mengganti branding masih dalam prodak perusahaan tersebut itu tidak masalah," katanya.

Secara tegas dia menyebutkan jika tidak bayar pajak maka sanksinya atribut promosi harus diturunkan. Terkait banyaknya pemasangan spanduk, banner dan bilboard calon walikota Serang Tb. Agus mengatakan bahwa pembayarannya itu harus melalui tahapan, dan untuk memungut pajak harus lihat ijinnya dulu dari DPMPTSP Pemkot Serang.

 Tb. Agus menambahkan terkait spanduk, Banner dan Bildboard yang mempromosikan diri, berdasarkan Ketentuan pasal 55 harus ada perizinan dulu, siup, tdp dsb, dan harus ada pihak ketiga/perusahaan yang membayar pajak terkait promosi seseorang. Dan baru sebagian yang sudah membayar pajak untuk rinciannya harus dilihat dulu, terangnya.

Sementara ditempat terpisah, penggiat anti korupsi Asep ICI kecewa, jika Diduga pemerintah ada pilih kasih terkait pemasangan Spanduk, Banner dan Bilboard Calon Walikota Serang yang tidak ditindak secara tegas.Terlebih tidak bayar pajak.

Dia mengingatkan bahwa jika di kalkulasi dengan volume jumlah atribut kampanye yang cukup besar, umpamanya lebih dari satu meter persegi dan dengan waktu yang cukup lama sudah barang tentu pemkot Serang dirugikan jika tidak bayar pajak.

Oleh karena itu, Asep ICI meminta agar aturan itu di implementasikan, jangan ke rakyat kecil saja, akan tetapi berlaku juga bagi semuanya. Demikian Asep ICI. (R-08/SBN)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Banyak Atribut Pilkada di Serang Diduga Belum Bayar Pajak Rating: 5 Reviewed By: Banten Post