Latest News
Monday, July 31, 2017

Pemkot Serang Lepas 388 Jamaah Haji 2017

Sebanyak 388 calon jamaah haji asal Kota Serang resmi diberangkatkan hari ini, Senin (31/7) oleh Pemkot Serang. Pemberangkatan berpusat di halaman gedung Islamic Center di Jalan Veteran Kota Serang.

Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Wakil Walikota Serang Sulhi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang Machdum Bachtiar, Kepala Kepolisian Serang Kota AKBP Komarudin, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten Bazary Syam dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang.

Ratusan jamaah mulai memadati lapangan pada pukul 08.00 pagi hari, namun kegiatan pelepasan baru dimulai pada pukul 09.30 WIB. Pelepasan jamaah haji yang didominasi oleh usia lanjut itu sempat membuat suasana haru terutama saat kumandang adzan dilantunkan oleh salah satu muadzin asal Kota Serang. Ratusan keluarga calon jamaah haji turut serta dalam pemberangkatan kloter 9 tersebut.

Kepala Kemenag Kota Serang Machdum Bachtiar mengatakan jumlah keseluruhan calon jamaah haji asal Kota Serang sebanyak 982 orang. Jumlah itu dibagi dalam empat kali pemberangkatan yakni pada Senin 31 Juli 2017 hari ini, Kamis 3 Agustus 2017, Kamis 24 Agustus 2017 dan Jumat 25 Agustus 2017. Ratusan jamaah yang berangkat pada hari ini akan melaksanakan ibadah haji selama 40 hari, dan akan kembali ke Tanah Air pada 11 September 2017 mendatang.

“Jumlah jamaah calon haji tahun 2017 berjumlah 982 orang, dengan rincian 444 pria dan 538 wanita, jumlah jamaah tersebut kami bagi dalam empat kali pemberangkatan. Pemberangkatan pertama tergabung dalam kloter 9, membawa 388 orang berangkat hari ini. Kedua, jamaah yang tergabung di kloter 16, membawa jamaah 387 orang Kamis 3 Agustus. Ketiga kloter 62 jumlah jamaah 66 orang Kamis 24 Agustus, dan keempat kloter 63 membawa jamaah 141 orang Jumat 25 Agustus,” katanya saat sambutan.

Ia menuturkan, seorang dari jaamah yang terdiri dari 170 pria dan 212 wanita tersebut tidak bisa ikut berangkat karena sakit yakni jamaah atas nama Samid bin Saha asal Taktakan. Pesawat yang akan membawa ratusan jamaah itu yakni Garuda Via 7265.

“Dalam rangka pelayanan jamaah haji kelompok kloter ini didampingi petugas kloter yaitu 1 orang TPHI, 1 orang TPIH dan 3 orang TKHI, juga dibantu tim pemandu haji daerah kota dan provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengatakan pihaknya berterimakasih kepada pihak Kanwil Kemenag Provinsi Banten yang telah menambah kuota haji pada tahun ini. Menurutnya, proses pemberangkatan yang hari ini dilakukan memiliki proses yang panjang yaitu melalui tahapan dan prosedur yang telah dilalui di Kemenag. Ia berharap, semua calon jamaah haji menjaga kesehatan agar ibadahnya  tidak terganggu.

“Mudah-mudahan dengan menjaga kesehatan dan juga kita di sana di Tanah Suci menjadi tamunya Allah tentunya niat kita ibadah, hal yang dilakukan apapun juga tentunya di sana juga mendekatkan diri kepada Allah SWT, tentunya tujuan kita umat muslim,” ucapnya.

Pun Jaman mengharapkan kepada petugas jamaah haji agar melayani ratusan jamaah asal Kota Madani tersebut dengan optimal dan tidak memiliki kendala yang berarti. (KOMINFO KOTA SERANG)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pemkot Serang Lepas 388 Jamaah Haji 2017 Rating: 5 Reviewed By: Banten Post