Latest News
Sunday, May 8, 2016

Ketua MPR Sentil Ahok, Menggusur Rakyat Tanpa Musyawarah Itu Tak Sesuai Pancasila

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan 18 tahun Reformasi bergulir sudah banyak kemajuan dirasakan bangsa Indonesia, meski diakui hal itu baru secara prosedur demokrasi belum secara etika.

Hal itu disampaikannya dalam Sosialisasi Empat Pilar di hadapan ribuan warga Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah pada Minggu, (8/5).

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengutip pernyataan Proklamator Soekarno yang mengatakan bahwa pada intinya Pancasila adalah kasih sayang. Cinta kasih antara manusia Indonesia. Inti Pancasila dari Bung Karno adalah kekeluargaan.

"Jadi Pancasila adalah kasih sayang kekeluargaan. Pancasila pun mempunyai inti yang lain yakni gotong royong dan musyawarah mufakat. Inti-inti Pancasila itulah yang harus menjadi pegangan dan prilaku kita," jelasnya.

Zulkifli berharap agar masyarakat tidak meniru partai politik yang kerap ribut terus menerus. Untuk itu, Pancasila harus menjadi budaya bangsa Indonesia.

Karena itu, lanjutnya, setiap pemimpin harus menerjemahkan Pancasila dalam setiap kebijakan dan perilaku. Setiap kepala daerah harus berbuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Jadi, tidak bisa kepala daerah menggusur rakyatnya tanpa musyawarah dan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu kepala daerah tak boleh mengambil sikap yang membuat bangsa ini mengalami perpecahan," tegas Zulkifli. (uni/rmol)

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Ketua MPR Sentil Ahok, Menggusur Rakyat Tanpa Musyawarah Itu Tak Sesuai Pancasila Rating: 5 Reviewed By: Banten Post