Latest News
Kamis, 07 April 2016

Pengguna Layanan PSK di Prancis Dapat Didenda 3.750 euro

Parlemen Prancis akhirnya meloloskan sebuah undang-undang yang menghukum pengguna layanan pekerja seks komersial (PSK) dengan denda mencapai 3.750 euro atau setara dengan Rp56,4 juta.

Dalam undang-undang itu, seseorang yang terbukti menggunakan layanan PSK juga harus mengikuti penataran mengenai beragam kondisi yang dihadapai para PSK.

Aspek paling penting dalam undang-undang ini adalah perlindungan terhadap para PSK. Salah satunya adalah memberi mereka KTP karena 85% PSK di sini adalah korban perdagangan manusia, ujar anggota parlemen dari Partai Sosialis, Maud Olivier sebagimana dikutip BBC.co.uk, Kamis (7/4/2016).

Seperti dilaporkan surat kabar Le Monde, undang-undang itu diloloskan di majelis rendah parlemen dengan 64 suara setuju berbanding 12 suara tidak setuju. Sedangkan 11 suara abstain.

Undang-undang tersebut praktis menyudahi undang-undang pada 2003 yang mengganjar para PSK dengan hukuman.

Menurut sejumlah koresponden, undang-undang tersebut memerlukan waktu 2 tahun agar bisa disetujui parlemen karena tarik-ulur di antara para legislator.

Senat, yang didominasi anggota partai sayap kanan, selalu menolak draf undang-undang tersebut sehingga perdebatan kerap menemui jalan buntu.

Melalui undang-undang tersebut, Prancis mengikuti jejak Swedia. Negara Skandinavia itu merupakan negara pertama yang menjatuhkan hukuman terhadap para konsumen prostitusi, alih-alih menghukum para PSK.

Aparat Swedia mengaku jumlah perempuan PSK di kawasan prostitusi di Kota Stockholm menurun drastis sejak undang-undang tersebut diberlakukan. (BBC/Le Monde)
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pengguna Layanan PSK di Prancis Dapat Didenda 3.750 euro Rating: 5 Reviewed By: Banten Post